Juni 22, 2024

FOOD FESTIVAL

Rahasia Resep Warteg Di Jakarta

4 Resep Makanan Khas Aceh

6 min read
Makanan Khas Aceh 1

Makanan Khas Aceh

Makanan Khas Aceh, Dijuluki sebagai Negeri Serambi Makkah, Aceh identik akan adat dan budayanya yang unik. Salah satu cerminannya terlihat pada makanan khas Aceh yang menggugah selera dengan cita rasa rempah kuat. Saking populernya hidangan khas Aceh, tak heran bila menu seperti mie Aceh, roti jala, dan martabak mini dapat ditemui di luar daerah asalnya.

Buat para pencinta kuliner Nusantara, mencicipi makanan khas Aceh adalah pilihan yang tepat. Apalagi jika dibarengi dengan mengunjungi lokasi sejarahnya yang membuat pengalamanmu semakin lengkap. Namun, di masa New Normal ini, sepertinya para penjelajah kuliner harus berpuas diri dengan bereksperimen di dapur terlebih dahulu.

Bagi yang ingin menghadirkan cita rasa Aceh di rumah, Tim warteg21kayuputih telah mengkurasi 4 resep khas Aceh yang bisa dibuat sendiri di rumah. Mau itu untuk sahur, berbuka, ataupun sajian spesial saat Idul Fitri, kekayaan rempah Serambi Makkah akan membuat suasana rumah semakin semarak!

1. Mie Aceh Goreng Kambing

Makanan Khas Aceh

Kenikmatan mie Aceh yang kenyal dan berempah dipadukan dengan daging kambing yang juicy memang sulit untuk ditolak. Apalagi jika ditambah dengan gurihnya kaldu, segarnya acar timun, dan renyahnya emping pedas manis di tiap gigitan. Meskipun dinamakan demikian, makanan khas Aceh yang satu ini justru sudah tersebar di berbagai belahan penjuru Indonesia. Asyiknya lagi, sekarang kita bisa menyajikan sajian mewah ini sebagai menu berbuka di masa Ramadhan. Dijamin mampu menggoyang lidahmu hingga suapan terakhir! Pencinta makanan berempah tidak boleh ketinggalan mie Aceh goreng kambing ini. Kombinasi daging kambing dan cabai untuk menghasilkan cita rasa spesial. Simak resepnya di sini!

Bahan

– 250g daging kambing, potong dadu 2 cm
– 1batang serai, memarkan
– 3lembar daun jeruk purut
– 2cm jahe, memarkan
– 2lembar daun salam
– 400g mie basah, seduh air panas, sisihkan
– 500ml air
– 3siung bawang putih, iris tipis
– 3butir bawang merah, iris tipis
– 1buah tomat, potong dadu 2 cm
– 75g tauge, siangi
– 4lembar daun kol, iris kasar
– ½sdt cuka
– 1sdtRoyco Kaldu Sapi
– 350ml kaldu sapi
– 1batang daun bawang, iris tipis
– 3sdm minyak, untuk menumis
– 3sdmBango Kecap Manis

Bumbu halus

– 10butir bawang merah
– 6siung bawang putih
– 6buah cabai merah
– 2cm kunyit, bakar
– 1buah kapulaga
– ¼sdt jintan bubuk
– ½sdt lada bubuk

Cara membuat

– Panaskan air dalam pacnci. Rebus daging kambing bersama daun salam, daun jeruk purut, serai, dan jahe. Masak hingga matang. Buang airnya. Sisihkan.
– Di dalam panci, panaskan minyak. Tumis bawang merah, bawang putih, dan bumbu halus hingga harum. Tuang kaldu sapi.
– Masukkan daging kambing, aduk rata. Tambahkan kol, tomat, dan tauge. Aduk rata hingga layu. Masukkan Royco Kaldu Sapi, Bango Kecap Manis, dan cuka. Aduk rata.
– Masukkan mie kuning. Aduk rata hingga matang. Masukkan daun bawang. Aduk rata.
– Sajikan selagi hangat dengan pelengkap.

2. Martabak Mini Bumbu Aceh

Lapar melanda saat berakhir pekan? Saatnya mencoba kudapan asli Aceh yang satu ini. Bila martabak biasanya hanya menggunakan telur, daun bawang, dan isian daging, makanan khas Aceh yang satu ini memadukannya dengan bumbu Bango Bumbu Kuliner Nusantara Mie Goreng Khas Aceh yang eksotis dan kaya rempah. Agar semakin mengenyangkan, buat isiannya dengan mencampurkan daging giling, bawang bombay, dan jamur kancing. Bungkus isian dalam kulit pangsit tipis dan goreng hingga keemasan.

Cara membuat martabak mini yang patut kamu coba di rumah. Berbumbu kuliner Nusantara mie Aceh dan terasa gurih untuk cemilan keluarga di sore hari.

Bahan

– 20lembar kulit pangsit siap pakai
– minyak, untuk menggoreng

Isi

– 300g daging sapi giling
– 1buah bawang bombay, cincang halus
– 100g jamur kancing, cincang kasar
– 1bungkusBango Bumbu Mie Goreng Khas Aceh
– 1sdt merica putih bubuk
– 3sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat

– Isi: panaskan minyak, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan daging dan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Mie Aceh, aduk rata hingga daging berubah – warna. Tambahkan jamur kancing, masak hingga layu. Angkat.
– Ambil selembar kulit pangsit, sendokkan tumis daging ke atasnya. Lipat membentuk amplop, rekatkan pinggirannya dengan air. Ulangi proses pada sisa bahan.
– Panaskan minyak, goreng martabak secara bertahap hingga cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan. Sajikan.

Resep martabak mini yang patut kamu coba di rumah. Berbumbu kuliner Nusantara mie Aceh dan terasa gurih untuk cemilan keluarga di sore hari.

3. Roti Jala Kuah Kari

Makanan Khas Aceh 1

Salah satu keunikan makanan khas Aceh terletak pada pengaruh Asia Selatan yang cukup kental. Warisan nyata perpaduan dua kultur tercermin pada roti jala kuah kari yang unik dan sulit dilupakan. Biasanya, roti jala kuah kari dinikmati sebagai sarapan atau makan siang sebagai pengganti nasi. Di samping roti jala, akan disajikan lauk-pauk yang terdiri dari kari ayam dan sayuran. Terdengar lezat, bukan?

Saat bulan Ramadhan, jangan kaget bila sering menjumpai roti jala kuah kari dijual di kedai-kedai makanan. Kali ini, bagaimana kalau kita coba membuatnya sendiri di rumah untuk disantap bersama keluarga?

Sebagai kebanggaan orang Aceh, roti jala kini sudah terkenal di seantero Indonesia. Mau coba membuatnya di rumah? Yuk bersama kita jajal resep roti jala kuah kari berikut ini dan simak videonya.

Bahan roti jala

– 3butir telur
– 250g tepung terigu
– 200ml santan cair
– 400ml air
– 1sdt garam

Bahan kari ayam

– 1ekor ayam, potong 8
– 800ml santan cair
– 2batang lengkuas, memarkan
– 2batang serai, memarkan
– 4lembar daun jeruk
– 2sdtRoyco Kaldu Ayam

Bahan bumbu halus

– 6siung bawang putih
– 8butir bawang merah
– 4buah cabai merah
– 2cm jahe
– 2cm kunyit
– 6butir kemiri
– 1sdt ketumbar bubuk

Cara membuat

– Campur jadi satu semua bahan roti jala hingga rata. Panaskan wajan di atas api kecil dan masak adonan menggunakan botol saus atau sendok makan hingga menyerupai bentuk jala. Masak hingga matang dan sisihkan.
– Tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan juga lengkuas, serai dan daun jeruk.
– Padukan ayam bersama bumbu halus hingga warnanya berubah. Tambahkan santan cair dan Royco Kaldu Ayam. Masak hingga matang.
– Sajikan roti jala dengan kari ayam.

Tidak hanya roti jala, paduan cocok dengan kuah kari ini bisa juga kamu terapkan dengan berbagai jenis roti lainnya. Seru sebetulnya bisa membuat berbagai bentuk roti lainnya seperti roti cane bahkan roti chapati khas India. Setelah bisa menikmati gaya makan roti yang dicelup seperti ini, pasti kamu bakalan penasaran dengan beragam sajian kuliner khas Aceh lainnya ataupun dari negara-negara tetangga kita. Selebihnya dengan Royco, kamu bisa berkreasi dengan kuah karinya serta berbagai protein lainnya yang cocok tersaji dengan paduan roti yang dipengaruhi kuliner khas Timur Tengah ini. Selamat makan!

4. Roti Canai a la rumah makan Aceh

Selain roti jala, ada juga roti canai yang sedap disantap bersama kuah kari. Kebanyakan kedai penyaji makanan khas daerah Aceh, roti canai juga disajikan sebagai menu penutup atau teman ngopi dengan berbagai pilihan rasa. Berlumur kental manis, gula pasir, atau dengan tambahan cokelat dan keju. Dengan salah satu resep roti makanan khas daerah Aceh ini, kamu bisa membuat sekaligus banyak dan menyajikannya bersama berbagai pilihan topping tadi. Yuk, coba bikin sendiri resep Roti Canai ini!

Ketahui cara membuat roti canai yang cocok berpadu dengan kuah kari dan juga teh tarik. Penasaran? Berikut video dan resepnya!

Bahan

– 250g tepung terigu serba guna
– 1sdtRoyco Kaldu Ayam
– 175ml air
– 250ml minyak sayur

Cara membuat

– Siapkan wadah. Isi dengan tepung terigu dan Royco Kaldu Ayam. Tambahkan air dan uleni hingga kalis.
– Bentuk adonan memanjang dan potong beberapa bagian. Sementara lumuri wadah baru dan tangan dengan minyak secukupnya.
– Bentuk tiap adonan yang telah dipotong menjadi bulatan kecil. Lakukan sampai adonan habis.
– Simpan adonan di dalam wadah. Tutup dengan cling wrap dan biarkan bermalam di kulkas.
– Siapkan talenan dan lumuri dengan minyak. Ambil satu bola adonan dan ratakan bentuknya dengan telapak tangan.
– Tipiskan hingga selebar ukuran piring makan.
– Kemudian dorong kedua ujungnya hingga adonan berkerut.
– Tarik dan bentuk menjadi bulat kembali.
– Kembali tekan-tekan adonan hingga merata dan berdiameter kurang lebih 10-12 cm sebelum siap dipanggang.
– Panaskan wajan dan panggang selama dua hingga tiga menit setiap sisinya hingga mulai cokelat keemasan.
– Setelahnya, tepuk-tepuk roti canai yang sudah matang agar lebih renyah. Sajikan roti canai bersama kuah kari.

Memulai dengan cara membuat roti canai ini dijamin akan membawamu menguasai berbagai teknik lainnya dalam membuat roti. Jalan masih panjang tapi koleksi resep kita bertambah satu demi satu. Yuk, sama-sama belajar denganku!

Kekayaan kuliner Indonesia memang tak ada duanya, terutama makanan khas Aceh yang memadukan berbagai rempah dan cita rasa Nusantara. Yuk, sajikan hidangan lezat ini sebagai sahur atau buka agar kian semarak bulan Ramadhan. Jangan lupa selalu ikuti warteg21kayuputih untuk resep-resep Ramadhan lainnya, ya!

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.