9 Jenis Makanan di Warteg Murmer Jawara Perut

warteg favorit anak kos dan teman perut tanggal tua
sumber: goodnewsfromindonesia.id

Warteg idolaku!!! Hiaaaakkk… tanggal tua telah sampai. Sudah menjadi hal biasa ya, saat melihat dompet atau rekening bank, kesedihan akan melanda, karena uang sudah sangat menipis. Alhasil, kita wajib menahan keinginan untuk belanja atau sekadar untuk makan enak.

Salah satu cara hemat di tanggal tua yang bisa dilakukan adalah makan di warung tegal. Porsinya banyak, bisa kenyang seharian (semoga), lauknya beragam macam, dan sedap! Ini dia, 9 menu makanan favorit warteg.

Mau makan enak dengan porsi banyak, murce lagi, ya hanya warteg jawabannya. Warteg ini ada di semua daerah dan selalu menjadi tujuan bagi semua umat Indonesia, terutama para anak kos-kosan.

Rahasia Kehadiran Warteg Di Jakarta

Saat mendengar kata warteg akan langsung disimpulkan berasal dari kota Tegal, Ibukota provinsi Jawa Tengah. Meski begitu, pengusaha warteg tidak selalu berasal dari kota pesisir di Pulau Jawa. Karena beberapa di antaranya berasal dari kota-kota di Pantai Utara (Pantura) Jawa seperti Cirebon, Brebes, Kuningan, dan Pemalang.

Makanan warteg biasanya disajikan di dalam etalase kaca. Sehingga pembeli bisa memilih lauk dengan cara menunjuk satu persatu. Menu makanan itu sendiri kebanyakan menu rumahan seperti yang biasa dimasak sang ibu.

Perubahan Warteg Jadul Menjadi Warteg Kekinian

Perkembangan zaman membuat beragam inovasi oeleh para pengusaha warteg untuk menarik konsumen milenial. Ada berbagai cara, mulai dari menghadirkan menu baru hingga menambah fasilitas terbaru di warung.

Salah satu warteg dengan konsep “kontemporer” bisa ditemukan di Warteg 21 Kayuputih. Tersedia wifi gratis untuk para pengunjung Warteg 21 kayuputih.

Metode pembayarannya pun beragam. Selain itu bisa juga cashless melalui e-money, kartu debit, atau kartu kredit. Beberapa promo minuman juga terkadang dimunculkan oleh pemilik toko pada tanggal tua tertentu. Pembeli yang berjenis kelamin laki-laki alias mager juga bisa memesan melalui aplikasi ojol. Warteg 21 Kayu Putih dan sejenis nya sudah lolos aplikasi.

Daftar Menu – Menu Warteg Favorit – Teman Rasa Kangen Masakan Ibu

Buat kamu yang sedang merantau, dan kangen masakan ibu. Sangat bisa banget ngobatin rasa kangen dengan makan di warteg. Nah, kamu jangan ngaku orang indonesia deh kalau belum nyoba 9 menu makanan favorit warteg di bawah ini:

1. Menu Sayur asem

Sayur asem ini benar-benar makanan Indonesia banget. Apalagi setiap ibu pasti pernah masak ini dan bikin kangen anaknya yang di perantauan. Makanya menu satu ini pasti selalu ada di warteg. Pasangan Lauk ini ialah dadar jagung dan telur. Jangan lupa ditambah sambal terasi. Surga dunia banget deh rasanya.

2. Menu Nasi Sayur Lodeh

Siapa tak kena dengan sayur lodeh ini. Rasa sayur lodeh yang pedas manis memang bikin orang pengen kembali terus ke warung tegal ini. Biasanya makan nasi sayur lodeh enak dengan lauk tempe dan ayam. Sekalian minta tumis kacang panjang biar makin yahud. Tak lupa biar makin kriuk makannya ditemenin kerupuk atau rempeyek.

3. Menu Nasi Jengkol

Meski banyak orang yang bilang jengkol itu baunya gak enak, tapi tetap saja jadi menu andalan di warung tegal. Memiliki Tekstur Rasa kenyal dan pedas. Makanlah saat nasi panas. Tambahkan lauk lainnya. Seperti telur, serundeng, kering tempe, dan sambal.

4. Menu Nasi Semur Daging

Di warteg juga ada menu buat kamu pecinta daging, lho. Dagingnya dipotong kotak-kotak, lalu dimasak semur. Makan nasi dan kuahnya saja sudah aduhai banget, apalagi kalau ditambah lauk lainnya. Seperti mie dan dadar jagung. Jadi makin selera makan, nih.

5. Menu Nasi Empal

Ingin kenyang seharian? Cukup buat makan 1x sehari. Silakan pesan menu andalan lauk empal nih. Ambil menu lauk ringan lainnya biar makin meriah. Contohnya seperti mie, tumis buncis, orek tempe, dan jangan lupa sambalnya. Mantap abis!

6. Menu Nasi Sayur Bayam

Ini nih menu favorit nan laris manis tanjung kimpul. Kuah sayur bayamnya itu lho seger banget. Tempe goreng tepung dan Ayam Crispy cocok jika ditambahkan. Sempurna deh!

7. Menu Nasi Ayam

Biasanya ada orang yang gak suka sayur. Nah, menu satu ini pasti pesannya nasi sama ayam doang dan sambal. Supaya makin meriah. Tambahkan telur dadar jagung dan tempe. Duh, nambah berapa porsi ya?

8. Menu Tempe Orek

Dengan menu yang satu ini favorit rakyat Indonesia. Kamu bisa kombinasikan menu satu ini dengan beragam lauk lainnya seperti sambal goreng kentang atau taoge. Serasa di rumah sendiri, nih.

9. Menu Ikan Bawal

Terakhir yakni menu favorit bagi para penggemar ikan. Selain ayam, makanan wajib warung tegal adalah ikan. Biasanya ada ikan bawal, mujaer, lele, dan sebagainya. Dengan hidangan bersih, rasa gurih dan bergizi nya nampol lurr. Makanlah ikan laut yang kaya vitamin dan protein.

Kesimpulan Makan di Warteg

Sekian ulasan jawara perut tanggal tua, hehe. Jadi, kalau makan di warung tegal favorit kamu. Kalian bisa memilih 3-4 lauk yang nantinya gak sampai Rp 15ribu sudah gratis minum es teh juga loh. Apakah masih kurang porsi tersebut? Itu sudah sangat banyak mak. Bahkan, kamu bisa membaginya untuk seorang temanmu lagi. Wah, jadi super hemat, kan?