Categories: Uncategorized

Cara Masak Jengkol agar Tidak Bau

Please Share
Facebook

Cara Masak Jengkol agar Tidak Bau, Rebus Pakai Kopi

Cara Masak Jengkol agar Tidak Bau, Rebus Pakai Kopi. Ada banyak cara masak jengkol agar empuk serta tidak bau yang sederhana dan bisa kamu lakukan di rumah. Diperlukan pemilihan jengkol yang bagus hingga durasi merebus jengkol yang tepat, untuk membuat jengkol empuk. Untuk kamu yang ingin memasak jengkol, sebaiknya simak sembilan cara masak jengkol agar empuk yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini

1. Pilih jengkol yang tepat

Sebelum memasak jengkol yang empuk, kamu harus memilih jengkol yang tepat untuk digunakan. Menurut SulaemanAhmad Sulaeman, PhD.,
Guru Besar Keamanan Pangan dan Gizi dari Fakultas Ekologi Manusia IPB University, sekaligus Sekjen Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan.
jengkol yang bagus untuk dikonsumsi adalah jengkol berumur tua. Kamu bisa memilih dan membeli jengkol tua dengan memerhatikan beberapa ciri, seperti warna daging jengkol yang kuning cenderung putih dan teksturnya liat atau sulit dipatahkan.

2. Kupas kulit jengkol

Kulit jengkol tua yang akan diolah harus dikupas terlebih dahulu hingga benar-benar bersih. Menurut penuturan pegiat jengkol, Dwi Kartika, dalam berita Kompas.com yang tayang pada Senin (20/11/2017), kulit jengkol harus dikupas hingga bersih agar tidak meninggalkan rasa pahit.

3. Cuci bersih jengkol

Related Post

Kemudian Jengkol tua yang akan digunakan untuk memasak, sebaiknya dicuci terlebih dahulu hingga benar-benar bersih dari kotoran.

4. Rendam jengkol

Jika ingin sekaligus mengurangi kandungan asam oksalat jengkol, kamu bisa merendam jengkol hingga tiga hari berturut-turut. Jangan lupa untuk mengganti air rendaman jengkol setiap hari. Selain itu, menurut Leo Gendro chef dari Asosiasi Chef Indonesia (ICA), jengkol bisa direndam dalam cucian air beras selama satu malam agar bau jengkol berkurang.

5. Rebus jengkol tanpa tambahan bahan

Salah satu cara masak jengkol agar empuk yang disarankan oleh Sulaeman, yaitu merebus jengkol tanpa tambahan bahan lain. Kamu bisa merebus jengkol hingga mendidih sekitar 10-15 menit. Setelah itu, jengkol harus ditiriskan.

6. Goreng jengkol

Selain merebus jengkol tanpa tambahan lain, Sulaeman juga menyarankan cara memasak jengkol agar empuk dengan teknik goreng. Kkamu bisa menggoreng jengkol dengan minyak hingga minyak yang digunakan hampir habis. “Biasanya sih kita tidak sampai gosong banget ya, bisanya kalau digoreng itu sampai minyak tidak berbunyi lagi lah, sudah diam, sudah cukup itu. Artinya strukturnya sudah cukup matang,” kata Sulaeman

7. Rebus jengkol dengan kopi

Menurut Leo, jengkol bisa direbus dengan kopi tanpa gula selama satu jam untuk mengurangi bau jengkol. “Sebelum dimasak dengan bumbu, coba rebus dulu dengan kopi bubuk tanpa gula. Satu jam saja dengan api kecil, nanti aromanya lumayan ternetralisir

8. Rebus jengkol pakai daun jambu biji

Jengkol juga bisa direbus menggunakan jambu biji, seperti dikutip dari berita Kompas.com yang tayang pada Selasa (23/3/2021). Jika menggunakan daun jambu biji untuk merebus jengkol, kamu bisa memilih untuk mengupas jengkol sebelum atau sesudah direbus.

9. Memarkan jengkol

Setelah jengkol yang direbus atau digoreng sudah ditiriskan, jengkol sebaiknya digeprek atau dipukul-pukul terlebih dahulu. “Kalau saya sih dipukulin, jadi jangan langsung habis direbus dibumbuin, dipukul-pukul dahulu, kayak mau bikin emping, kayak bikin ayam geprek lah gitu,” ujar Sulaeman.

10. Campur dengan bumbu

Jengkol dapat dimasak dengan beragam bumbu agar semakin empuk. Selain itu, Dwi menyampaikan bahwa jengkol bisa dimasak menggunakan bumbu beraroma kuat, seperti bawang putih tumbuk dan jahe untuk menyamarkan baunya.

11. Tambahkan banyak air saat menumis jengkol

Mengutip Sajian Sedap, menggunakan banyak air saat menumis jengkol dapat membuat bumbu masakan meresap sempurna. Selain itu, menambahkan air saat menumis jengkol juga dapat membuat tekstur jengkol lebih empuk.

12. Gunakan api kecil

Terakhir, jangan lupa untuk menggunakan api kompor yang kecil selama membuat olahan jengkol. Menurut Leo, penggunaan api kecil selama memasak jengkol dapat membuat bumbu jengkol meresap. Selain itu, Dwi ikut menyampaikan bahwa api kecil yang digunakan untuk memasak jengkol bisa mengurangi bau khas jengkol. Namun, memasak jengkol menggunakan api kecil membutuhkan waktu cukup lama, sekitar empat jam.
Please Share

Recent Posts

Aneka Resep Kue kering

 Aneka Resep Kue kering almond, nastar, thumbprint Enak Rumahan Aneka Resep Kue kering Gampangnya menyiapkan…

15 jam ago

Aneka Resep Makan Praktis

Resep Memasak Omelet Pizza Mie Nikmat dan Gurih Bahan tahapan, resep Omelet Pizza Mie Aneka…

2 hari ago

Nasi Goreng Terasi

Resep Praktis Nasi Goreng Terasi Gampangnya Membuat Resep Nasi Goreng Terasi yang gurih dan yummy.…

3 hari ago

Resep Opor Bebek Klaten yummy

Resep Opor Bebek Klaten yummy Resep Opor Bebek Klaten yummy, Praktis, cara membuat resep Opor…

5 hari ago

Resep Kue sus mudah Untuk pemula

Resep Kue sus mudah Untuk pemula Resep Kue sus mudah Untuk pemula, Praktis, cara bikin…

6 hari ago

Resep Unik Tumis Baby Crab 🦀

Resep Unik Tumis Baby Crab 🦀 (jangkang/kepiting Lunak) Paling Yummy Resep Unik Tumis Baby Crab…

1 minggu ago