Juli 14, 2024

FOOD FESTIVAL

Rahasia Resep Warteg Di Jakarta

Makanan Khas Bogor Patut Di Coba Di Rumah

6 min read
Makanan Khas Bogor

Makanan Khas Bogor

Makanan Khas Bogor, Sebutkan satu demi satu makanan khas Bogor yang selalu kamu santap saat sedang mengunjungi kota hujan ini. Sebagai salah satu kota besar di provinsi Jawa Barat, kota Bogor menyimpan banyak sekali kuliner yang memikat lidah Dimulai dari laksa, soto mie, taoge goreng, pepes, nasi timbel, hingga berbagai sup dan soto.

Bukan hanya hidangan khas Sunda, variasi makanan khas kota Bogor juga dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya adalah komunitas pedagang Tionghoa yang memenuhi pusat niaga di kota tersebut. Misalnya kawasan Surya Kencana yang bukan hanya berfungsi sebagai area perdagangan, tetapi juga pusatnya jajanan khas. Bukan hanya cita rasa tradisional, area ini juga merupakan surganya kuliner peranakan Cina-Bogor. Di situ kamu akan menemukan ngo hiang, mie ayam, bacang, laksa, hingga berbagai makanan non halal.

Ide Makanan Khas Bogor untuk Dibuat di Rumah

Agar tak banyak menghabiskan waktu di perjalanan sekaligus berhemat BBM, tak ada salahnya kamu mencoba keterampilan memasak kuliner lokal dengan mencoba berbagai resep makanan khas kota Bogor yang terkenal ini.

1. Soto Kuning

Makanan Khas Bogor

Soto kuning dengan bahan utama daging sapi sangat populer di Bogor. Buat kamu yang ingin mencoba keterampilan memasak lewat soto kuning, kamu bisa mempraktikkan resep soto kuning a la warteg21kayuputih. Subtitusi bahan utama ayam kampung dengan daging sapi bagian sengkel yang rendah lemak namun tetap memberikan rasa gurih khas kuah daging sapi.

Ingin sajian berkuah gurih untuk menu makan siang? Kamu bisa menikmati soto kuning santan dengan potongan ayam. Sajikan dengan nasi dan pelengkap soto seperti telur rebus, irisan tomat, perasan jeruk limau, Bango Kecap Manis, dan sambal. Dijamin kamu sekeluarga ketagihan menyantapnya. Semangkuk soto kuning ayam terasa nikmat menemani nasi hangat. Dibuat dari bumbu, rempah dan gurihnya santan, kini bisa kamu buat sendiri di rumah dengan resep berikut ini!

Bahan

– 1ekor ayam kampung, potong 8 bagian
– 2L air
– 5lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
– 2lembar daun salam
– 2batang serai, memarkan
– 2cm lengkuas, memarkan
– 1sdtRoyco Kaldu Ayam
– 100ml santan instan
– 2sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus

– 12butir bawang merah
– 5siung bawang putih
– 4butir kemiri, sangrai
– 3cm kunyit
– 2cm jahe
– ½sdm ketumbar butiran
– 1sdt merica putih butiran
– 1sdm garam

Pelengkap

– 2batang seledri, iris
– 2butir telur ayam rebus, kupas, belah 2
– Tomat, potong-potong
– Bawang merah goreng
– Bango Kecap Manis
– Jeruk limau
– Sambal cabai rawit

Cara membuat

– Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, serai, dan lengkuas hingga harum.
– Tuang air dan daging ayam. Masak hingga mendidih. Kecilkan api,
– tambahkan Royco Kaldu Ayam dan santan. Masak sambil sesekali diaduk hingga daging ayam empuk. Angkat. Sisihkan.
– Siapkan mangkuk saji, isi dengan semua bahan pelengkap termasuk Bango Kecap Manis. Tuang kuah soto beserta potongan daging ayam. Sajikan.

Semangkuk soto kuning ayam terasa nikmat menemani nasi hangat. Selamat mencoba!

2. Sup Buah

Meski bukan hidangan otentik, sop buah merupakan salah satu jajanan modern yang populer di salah satu kota besar di Jawa Barat ini. Sup buah versi warteg21kayuputih yang akan disuguhkan kali ini lebih kaya nutrisi berkat perpaduan buah-buahan tropis segar dengan Buavita yang kaya vitamin. Selain mangga harum manis, buah naga, nanas, semangka, dan kelapa muda, kamu juga bisa memadukan pilihan sesuai selera kamu. Ingin kreasi sop buah segar yang praktis? Paduan buah tropis ini sungguh bikin momen makan buah jadi lebih istimewa. Yuk, kita coba buat!

Bahan

– 100g daging buah mangga harum manis
– 200g daging buah semangka
– 100g daging buah kelapa muda, keruk
– 200g stroberi
– 100g daging buah naga merah
– 300g daging buah nanas
– 100g daging buah melon
– 100g nata de coco

Kuah sop buah

– 50g gula pasir
– 150ml susu rendah lemak
– 600ml Buavita Guava

Sarang burung

– 7g agar-agar bubuk
– 250ml Buavita Lychee

Cara membuat

– Potong semua buah dengan bentuk dan ukuran sesuai selera. Sisihkan.
– Sarang burung: Dalam panci, panaskan
– Buavita Lychee. Masukkan agar-agar bubuk, aduk rata. Masak dengan api kecil hingga mendidih.
– Tuang ke dalam wadah, diamkan hingga dingin dan mengeras. Setelah dingin, serut agar-agar, lalu simpan di dalam wadah.
– Kuah: Panaskan susu cair dan gula dengan api sedang, aduk rata. Masukkan Buavita
– Guava, aduk hingga larut. Dinginkan dalam kulkas.
– Siapkan mangkuk saji, masukkan buah-buahan dan sarang burung. Tambahkan es batu secukupnya, lalu tuangkan kuah sop buah yang sudah didinginkan. Sajikan.

Pastikan untuk menyajikannya saat kumpul keluarga sehari-hari ataupun untuk merayakan hari besar seperti Idul Fitri maupun Idul Adha. Pasti ludes dengan cepatnya!

3. Doclang

Doclang

Sepiring doclang terdiri dari potongan lontong. kentang kukus, tahu goreng, telur rebus, dengan siraman bumbu kacang yang menyelimuti isinya. Salah satu keunikan doclang adalah bungkus lontongnya yang tidak menggunakan daun pisang, melainkan daun patat. Kamu juga bisa menemukan daun patat sebagai alas hidangan taoge goreng khas Bogor.

Mirip seperti ketoprak dan kupat tahu, doclang biasanya dijajakan oleh pedagang keliling di wilayah Bogor. Sebagai alternatif, kamu dapat menggunakan lontong berbungkus daun pisang yang banyak dijual di pasar tradisional atau ketupat agak proses memasak doclang lebih praktis. Untuk penggemar kuliner khas Bogor pastinya tidak boleh ketinggalan mencoba resep doclang. Yuk, siapkan sebagai menu makan pagi di rumah!

Bahan

– 6buah tahu kuning
– 100g taoge, rendam air panas, tiriskan
– 4butir telur rebus, kupas, belah 2
– 2buah kentang kukus, kupas
– 3buah ketupat siap santap
– 100ml air panas
– 3sdmBango Kecap Manis
– minyak, untuk menggoreng

Bumbu kacang

– 120g kacang tanah goreng
– 3buah cabai rawit merah
– 2siung bawang putih
– ½sdt garam
– 1sdm air jeruk limau

Pelengkap

– Kerupuk
– Bawang goreng

Cara membuat

– Panaskan minyak, goreng tahu hingga matang. Angkat dan tiriskan. Potong 2 bagian. Sisihkan.
– Bumbu kacang: Ulek kacang tanah, cabai, bawang putih, dan garam hingga halus. Tuang air panas, aduk. Tambahkan Bango Kecap Manis dan air jeruk limau, aduk rata. Sisihkan.
– Potong-potong kentang dan ketupat. Masukkan ke dalam piring saji. Tambahkan tahu, taoge, dan telur. Siram dengan bumbu kacang. Sajikan dengan kerupuk dan bawang goreng.

4. Bakcang

Bakcang merupakan salah satu jajanan yang populer di Indonesia berkat pengaruh budaya Cina. Area Pecinan Bogor juga terkenal dengan jajanan nasi atau nasi ketan yang dibungkus dengan daun bambu ini. Agar bakcang mudah rapi saat dibentuk, pilih daun bambu lebar sehingga mudah untuk dilipat sambil dipadatkan. Yuk, tantang dirimu membuat resep Bakcang Daging Jamur ini! Simak tips membungkus bakcang agar rapi dan sajikan untuk sarapan akhir pekan!

Bahan

– 300g beras ketan, rendam selama 1 jam
– 200g beras putih
– 1sdt garam
– 1sdm minyak wijen
– 1L air, untuk menanak
– Tali, untuk mengikat
– 12lembar daun bambu lebar

Tumis daging

– 400g daging giling
– 200g jamur hioko segar, cincang
– 2sdm saus tiram
– 1sdtRoyco Kaldu Sapi
– 3sdmBango Kecap Manis
– 5butir bawang merah, cincang
– 5siung bawang putih, cincang
– 1batang daun bawang, iris
– ½sdt merica bubuk
– 5sdm air
– 5sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat

– Tumis daging: Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah, dan daun bawang hingga harum. Masukan daging, tumis sebentar Tambahkan jamur, saus tiram, Royco Kaldu Sapi, Bango Kecap Manis, merica, dan air Aduk terus hingga matang. Angkat. Sisihkan.
Aron atau tanak kedua jenis beras bersama air, garam, dan minyak wijen hingga setengah matang dan airnya menyusut habis. Angkat.
– Siapkan selembar daun bambu Tumpuk lembar kedua di atasnya dengan arah berlawanan. Lipat membentuk kerucut, isi separuhnya dengan nasi ketan. – Sendokkan – tumis daging jamur ke atasnya. Tutup kembali dengan nasi ketan. Padatkan, lalu ikat dengan arah tali berlawanan serat daun. Ulangi proses serupa pada sisa bahan.
– Rebus dalam air mendidih selama 2-3 jam. Selama proses perebusan, pastikan bakcang terendam dalam air mendidih. Tambahkan air panas saat air mulai menyusut. Angkat. Tiriskan. Sajikan.

Tak sabar untuk uji keterampilan kamu di dapur? Yuk, coba setiap resep yang bakal jadi obat kangen sama makanan khas Bogor! Temukan juga kuliner khas kota hujan lainnya yang bisa kamu sajikan di rumah. jika masih penasaran dengan reseplainyan kunjingi link ini nya Moms warteg21kayuputih

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.