Categories: Uncategorized

Warteg Bersiap Naikkan Harga Makanan

Please Share
Facebook

Warteg Bersiap Naikkan Harga Makanan

Warteg Bersiap Naikkan Harga Makanan Jakarta – Masih tingginya harga minyak goreng saat ini membuat pemilik usaha warung tegal (warteg) kelimpungan. Mereka sangat terbebani dengan harga minyak goreng sekitar Rp 40 ribuan per dua liter, apalagi konsumsi atas bahan baku itu di warung sangat tinggi setiap harinya.

“Masih memberatkan. Rata-rata per harinya kami menggunakan 2-4 liter,” ujar Ketua Komunitas Warteg Nusantara (Kowantara), Mukroni, Senin, 10 Januari 2022.

Selama ini para pengusaha menahan diri tak menaikkan harga makanan karena takut kehilangan pelanggan. Apalagi daya beli warga masyarakat belum pulih karena terpukul pandemi Covid-19.

Namun, jika harga minyak goreng masih tetap tinggi hingga akhir bulan Januari ini, Mukroni menyatakan, pemilik warteg khususnya di Jakarta terpaksa menaikkan harga jual makanan yang disajikan. Saat ini, sudah ada sekitar 10 ribu pengusaha warteg yang menyatakan bakal menaikkan harga makanannya.

“Kalau harga tidak turun kemungkinan para pedagang warteg menaikkan harga,” ujar Mukroni.

Related Post

Sebelumnya, mantan presiden Megawati Soekarnoputri yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengkritik soal kenaikan harga bahan pokok atau sembako, seperti minyak goreng dan cabai belakangan ini.

Indonesia sudah merdeka 76 tahun namun permasalahan masih sama

“Pak Jokowi bayangkan, saya kan sering lihat kemarin harga cabai sekian, harga minyak goreng sekian, harga bawang merah sekian. Aneh menurut saya, kok klasik amat ya?” kata Megawati dalam pidato politiknya pada peringatan HUT ke-49 PDIP secara daring, di Jakarta, Senin, 10 Januari 2022.

Menurut dia, Indonesia sudah merdeka 76 tahun namun permasalahan serupa masih saja terus terjadi. Dia berpendapat ungkapannya itu sebagai otokritik kepada pemerintah. “Gimana salahnya, ini otokritik. Saya juga mengkritik ketika (masih) di DPR,” kata presiden kelima Indonesia ini.

Sejumlah harga kebutuhan pokok masih tergolong tinggi. Salah satunya di pasar tradisional Palembang, Sumatera Selatan pada Minggu, 9 Januari 2022.

Tiga kebutuhan bahan pokok atau sembako yang terpantau masih tinggi ialah minyak goreng kemasan merek Fortune Rp 18.500 per Kilogram (Kg) dari biasanya Rp 14.000 per Kg. Telur ayam Rp 23.000 per Kg dari biasanya Rp 19.000 per Kg, dan daging ayam ras Rp 36.000 per Kg dari biasanya Rp 30.000 per Kg.

Please Share
Share

Recent Posts

Aneka Resep Kue kering

 Aneka Resep Kue kering almond, nastar, thumbprint Enak Rumahan Aneka Resep Kue kering Gampangnya menyiapkan…

13 jam ago

Aneka Resep Makan Praktis

Resep Memasak Omelet Pizza Mie Nikmat dan Gurih Bahan tahapan, resep Omelet Pizza Mie Aneka…

2 hari ago

Nasi Goreng Terasi

Resep Praktis Nasi Goreng Terasi Gampangnya Membuat Resep Nasi Goreng Terasi yang gurih dan yummy.…

3 hari ago

Resep Opor Bebek Klaten yummy

Resep Opor Bebek Klaten yummy Resep Opor Bebek Klaten yummy, Praktis, cara membuat resep Opor…

5 hari ago

Resep Kue sus mudah Untuk pemula

Resep Kue sus mudah Untuk pemula Resep Kue sus mudah Untuk pemula, Praktis, cara bikin…

6 hari ago

Resep Unik Tumis Baby Crab 🦀

Resep Unik Tumis Baby Crab 🦀 (jangkang/kepiting Lunak) Paling Yummy Resep Unik Tumis Baby Crab…

1 minggu ago